HIDUP SEHAT DAMBAAN SETIAP ORANG



Betapa sering kita mendengar seseorang berkata “ Kalau saya sakit , saya pergi saja ke dokter , untuk apa repot-repot membaca buku kesehatan .” Sebutan ini selain menunjukkan rasa hormat dan percaya kepada kesanggupan dokter untuk menyembuhkan penyakit , juga menunjukkan sikap masa bodoh terhadap kesehatan pribadinya. Sebutan ini juga mengemukakan adanya orang yang mau mengalihkan tanggung jawab kesehatannya kepada seorang dokter.

Sesungguhnya kesehatan adalah tanggung jawab pribadi dan setiap orang perlu mengetahui cara menjaga kesehatannya sendiri.

Menurut tinjauan medis , ada 3 hal penyebab seseorang jadi sakit adalah :
  1. M a k a n a n Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak , mengandung kolesterol tinggi dan berlendir. Sisa-sisa makanan seperti ini akan menumpuk dalam usus , menempel pada dinding-dinding pembuluh darah dan dinding-dinding saluran makanan . Hal ini menyebabkan menyempitnya bahkan tersumbatnya pembuluh darah sehingga terhalangnya penyerapan sari-sari makanan yang cukup.
  2. M e n t a l Faktor mental seseorang juga bisa mempengaruhi kesehatan, hal ini disebabkan apabila dalam keadaan stress, nafsu makan berkurang, fisik kita menjadi lemah dan akibatnya orang sering menderita berbagai jenis penyakit karena lemahnya daya tahan tubuh.
  3. I n s i d en Penyakit yang ditimbulkan dari : 
  • Keturunan , adalah kerusakan atau kelemahan dari organ tubuh dari pembawaan sejak kecil.
  • Kecelakaan , yang terjadi karena misalnya karena keracunan , kelebihan atau over dosis. Kecelakaan yang berakibat langsung pada kerusakan organ tubuh dan yang lainnya.
  • Kebiasaan / gaya hidup yang buruk , misalnya merokok , minum minuman keras, narkoba, dll. Biasanya kasus ini terjadi pada tingkatan yang sudah parah, maka penanganannya harus ke rumah sakit.
  • Hampir seluruh makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari sedikit / banyak mengandung bahan kimia , yang dalam jangka panjang atau waktu tertentu akan bersifat sebagai racun yang akan merusak organ tubuh dan jaringan sel saraf tubuh lainnya.
Melihat kenyataan / realita saat ini , seyogyanya kita harus lebih peduli pada kesehatan tubuh kita , dengan meninggalkan atau minimal mengurangi mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengan dung zat-zat kimia .

Jika seseorang mau peduli dengan kesehatan pribadinya , maka seseorang akan lebih berhati-hati memasukkan makanan ke dalam tubuhnya atau akan lebih teliti lagi memilih makanan yang dimakannya. Seseorang yang tidak mau mengikuti cara hidup sehat dan pola makan teratur, bersikap masa bodoh terhadap kesehatan pribadinya akan menyebabkan berbagai macam dampak penyakit seperti jantung , ginjal , liver , paru-paru , darah tinggi , kanker , dll.

Maka bagaimana kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita dari usia muda hingga sampai tua atau lansia nanti , kalau kita tidak merubah pola hidup yang sehat dan pola makanan yang teratur , hegenis dan organik.

Motto : “ Mencegah lebih baik dari pada mengobati . “

Ilustrasi :
Seorang pengacara kawakan , yang tersohor dan kenamaan , karena pengetahuannya di bidang hukum telah digelari sebagai “seorang arif “. Namun pengacara ini tidak menaruh perhatian terhadap pemeliharaan kesehatannya sendiri dan tidak pula memperhatikan jalan peredaran darah dan pekerjaan jantungnya serta bersikap masa bodoh terhadap kebutuhan gizi tubuhnya. Maka akhirnya pengecara tersebut terkena serangan jantung dan meninggal pada usia 40 tahun.