MARAKNYA SUSU KAMBING

MARAKNYA pemberitaan tentang susu formula untuk bayi yang terkontaminasi bakteri sakazaki membuat sejumlah ibu-ibu yang memiliki bayi resah. Ditambah, hingga kini instansi berwenang belum juga memberi kepastian merk susu formula apa yang mengandung bakteri tersebut. Kondisi tersebut ternyata membawa dampak positif bagi pengusaha susu etawa. Pasalnya, sejumlah ibu-ibu yang resah untuk konsumsi susu balitanya memilih susu kambing murni daripada susu formula yang kontroversi tersebut.

M.Chalid, peternak kambing etawa mengatakan, susu etawa merupakan susu pengganti atau subsitusi air susu ibu yang terbaik. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang menyatakan kandungan susu etawa hampir 80 persen sama dengan kandungan asi.

"Sejak merebaknya isu tercemarnya susu formula dengan bakteri sakazaki, permintaan susu kambing melonjak drastis hingga 50 sampai 60 persen,” terang Chalid, peternak kambing etawa yang beralamat di Desa Pulo Lor Kecamatan Jombang kota, Selasa (15/2) menerangkan.
Dijelaskan Chalid, peternakan yang ia kelola terdapat sekitar seratus ekor kambing yang mampu memproduksi dua ratus liter susu segar setiap harinya. Agar tidak berbau dan tercemar, Chalid menerapkan perawatan secara ketat. Semisal, sebelum dilakukan proses pemerahan, puting kambing dibersihkan dan dicuci dengan sabun anti bakteri. "Sementara untuk proses pengolahannya kita lakukan secara sederhana. Untuk mendapatkan kualitas yang baik dan sehat, seluruh susu hasil perahan disimpan dalam frezer. Jika disimpan dengan kondisi benar susu etawa ini bisa bertahan hingga dua bulan,” katanya menjelaskan.
M.Chalid tidak omong kosong. Begitu pintu rumah dia buka, puluhan ibu rumah tangga yang masih menyusui dan mempunyai balita sejak pagi sudah mengantre di rumah peternak ini untuk membeli susu etawa. Siti Maimunah (35), salah satu pengantre mengatakan, sejak ada berita bakteri dalam susu kemasan, ia setiap pagi terpaksa mendatangi peternakan susu kambing etawa yang berada tak jauh dari rumahnya tersebut. Maklum saja, Siti sedang hamil dan menyusui anak balitanya yang berusia 2 tahun.